Halaman Depan

Dari Sebuah Buku

(1)
Salah...
Benar...
Apa sih yang manusia cari,
selain kebahagiaan?

Mengapa harus ada yang benar?
Mengapa harus ada yang salah?

Kalau orang menilai salah,
apa benar memang kita salah?

Jika salah, mengapa kutempuh?!
Tentu, karena ada suatu alasan di baliknya.

Tidak bisakah orang melihat dengan sudut pandang berbeda,
sehingga tak ada lagi orang yang terus dipersalahkan...

Terimalah!
Mengertilah!
Jangan seenaknya menilai seseorang,
kalau tidak tahu realitanya!



(2)
Dunia memandangku bahagia,
tapi apa mereka tahu yang sesungguhnya?

Yang terlihat,
bukanlah yang sebenarnya.
Tidak ada bahagia setitik pun dalam hidupku!

Aku kesepian...
Aku butuh seseorang...

Tidak adakah yang mau mendengar jerit hatiku?
Tidak adakah yang mau mengerti liku hidupku?
Tidak adakah seseorang yang dapat aku andalkan?

Mengapa...?!

Aku sendiri lagi,
aku terpuruk lagi!



(3)
Beban yang kupikul terlalu berat.
Sudah lama aku membawanya.
Berat sekali...
Lelah...

Aku ingin membaginya dengan orang lain,
agar beban ini terasa lebih ringan.
Bahkan kalau boleh,
aku ingin melepaskannya!

Tapi tetap aku tak berdaya...



(4)
Aku mencari pelarian...
Barang jahanam yang dicibir dunia,
bahkan olehku...
Tapi di sanalah,
aku merasa sedikit tenang.
Dengan komunitas buangan masyarakat,
aku tahu aku tak sendiri.

Aku tak merasa bersalah,
walau kutahu dunia mempersalahkanku.
Mereka hanya tak mengerti,
siapa yang seharusnya disalahkan.

Kalau aku telah menemukan jalan keluarnya,
tentu aku tak mau lagi terjerumus olehnya.

Oh ya,
Apa aku tidak boleh...
mati saja?!!



(5)
Tak ada lagi jalan keluar bagiku.
Semua pintu telah tertutup.

Tidak barang laknat itu,
Tidak juga cintaku.

Tak ada masa depan lagi,
Tak ada harapan lagi.

Kini yang aku inginkan,
mencari kebebasanku sendiri,
mempercayai kata hatiku,
dan menapaki hidupku sendiri.

Tak perlu lagi orang lain,
Tak perlu lagi logika dunia,
Tak perlu lagi penghakiman sekitar.

Aku percaya pada diriku sendiri,
HANYA AKU..!!

>> Puisi ini terinspirasi dari buku Detik Terakhir karya Alberthiene Endah..

Labels:


Karya Penulis

Karya Sebelumnya


Saling Sapa



Sponsor


  • FM Radio Blog